Apa itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Walaupun dalam beberapa tahun terakhir sering diperbincangkan, mungkin sebagian dari kita masih belum mengenal apa itu Bitcoin. Bitcoin adalah sebuah mata uang digital yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seorang/sekelompok programmer bernama Satoshi Nakamoto. Berbeda dengan mata uang yang kita ketahui pada umumnya, Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik, tidak dikeluarkan oleh sebuah bank dan tidak terikat pada suatu negara. Sistem yang digunakan juga tidak melibatkan suatu pihak tertentu, melainkan secara Peer to Peer (P2P) atau langsung dari individu ke individu.

Lantas, mengapa salah satu aset digital ini diminati banyak orang di seluruh dunia? Semenjak kehadirannya di pasar, harga yang dibentuk dengan adanya permintaan dan penawaran di pasar, meningkat secara signifikan seperti gambar berikut ini.

Bayangkan jika kamu berinvestasi Bitcoin pada tahun 2012, maka return yang kamu dapatkan bisa berlipat ganda. Tertarik mengetahui lebih lanjut informasi lengkap mengenai Bitcoin? Tetap scroll ke bawah yuk!

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

Bitcoin terdiri atas tiga bagian yaitu : BlockChain, Mining Network, dan Wallet. Untuk dapat memahami cara kerja Bitcoin, kita harus memahami cara kerja tiap bagiannya. Mari kita kupas satu per satu.

  1. BlockChain
    Blockchain adalah data histori transaksi Bitcoin. Sebelum transaksi masuk ke BlockChain, maka transaksi itu belum selesai. BlockChain merupakan rangkaian sebuah blok. Blok tersebut berisi sekumpulan transaksi baru dan terhubung dengan blok sebelumnya.

    Mungkin kamu bertanya tanya, siapa yang bertugas mengelola BlockChain ini. Jawabannya tidak ada. Bitcoin dibuat agar terdistribusi dengan baik, sehingga tidak ada titik kesalahan yang dapat merusak BlockChain baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

    BlockChain dipegang oleh setiap komputer yang menambang Bitcoin. Blockchain merupakan catatan tiap transaksi yang dapat diverifikasi secara publik. Setiap detail transaksi akan disebarluaskan ke semua miner yang ada di jaringan bitcoin dengan permintaan agar dimasukkan ke blok berikutnya.

  2. Mining Bitcoin (Menambang Bitcoin)
    Orang – orang yang menambang Bitcoin (miner) adalah orang – orang yang menjaga transaksi lama serta memastikan transaksi baru tercatat. Tugas mereka adalah membuat atau menambang blok baru. Blok – blok ini menyimpan transaksi baru yang terjadi. Sebagai kompensasi telah menambang blok – blok baru ini, mereka di berikan beberapa Bitcoin. Insentif seperti ini memastikan ada cukup orang yang melakukan penambangan sehingga sistem jaringan Bitcoin terus berjalan.
  3. Wallet
    Wallet adalah bagian Bitcoin yang sering dilihat oleh pengguna. Istilah wallet (dompet) sendiri kurang tepat karena wallet sebetulnya tidak menyimpan Bitcoin. Wallet hanya menyimpan private key yang mengizinkan sang pemilik untuk menambah transaksi ke blockchain disebuah alamat berupa public key. Kehebatan mata uang ini adalah teknik kriptografi yang melindungi pengguna.

Bitcoin menjadi terkenal sebagai mata uang pilihan dalam melakukan transaksi online karena nilai jual belinya yang tinggi. Walaupun begitu, Bitcoin tidak didesain sebagai mata uang anonim dan faktanya dapat dilakukan karena cara kerja BlockChain yang mencatat semua histori transaksi Bitcoin.

Faktor utama yang membuat Bitcoin populer sebagai sarana transaksi anonim adalah karena kita dapat membuat wallet Bitcoin tanpa memberitahu identitas kita. Dalam pengertian ini, wallet akan tetap bersifat pribadi, namun mata uangnya akan tetap terpublikasi.

Ini artinya jika kita mendapatkan koin secara anonim (misalnya, kita menambangnya atau membeli lewat jalan yang tak terlacak), membelanjakannya lewat cara yang tak terlacak (misalnya, membayar untuk sesuatu yang tidak dikirimkan atau terkait secara pribadi dengan cara apapun), dan tidak menghubungkan wallet dengan lokasi fisik (misalnya, hanya menggunakan wallet) maka seharusnya transaksi ini akan bersifat anonim. Namun keanoniman ini harus dilakukan dengan benar. Satu saja gagal, maka transaksi dapat dilacak sampai ujung.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?

Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan Bitcoin, yaitu:

  1. Kamu mendapatkan Bitcoin dari orang lain. Kamu harus memiliki wallet atau rekening untuk menerima Bitcoin. Penggunaan wallet terbilang mudah dan memiliki biaya yang terbilang murah. Kamu dapat mempercayakan transaksi Bitcoin dengan menggunakan platform wallet Bitcoin, seperti GOPAX.
  2. Kamu dapat membeli Bitcoin dari platform exchange Bitcoin terpercaya. Penting untuk memilih tempat pertukaran yang tepat dan dapat dipercaya. Saat memulai pertukaran Bitcoin, ingatlah untuk melihat biaya yang dikenakan untuk membeli. Kamu dapat menggunakan platform digital exchange Bitcoin terbaik di Indonesia. Yaitu, GOPAX.
  3. Kamu dapat menambang Bitcoin. Istilah “Menambang” atau “Mining” di dalam Bitcoin adalah sebuah upaya untuk memecahkan block baru bitcoin dengan memecahkan algoritma BItcoin. Dengan cara ini, Bitcoin baru akan didapatkan dan siap ditransaksikan.

Apakah Bitcoin Bisa Diuangkan?

Bagi pemula yang baru saja mengenal bitcoin, tentunya bertanya-tanya apakah bitcoin bisa diuangkan dan menghasilkan profit? Pada awalnya banyak orang yang tidak meyakini, bagaimana mungkin mata uang kripto yang tidak ada bentuk fisiknya bisa dihargai tinggi. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis bitcoin yang kini ramai diburu? Bitcoin mulai digunakan sebagai mata uang digital yang bisa ditukar menjadi mata uang dolar atau fiat.

Apakah Bitcoin Bisa Diuangkan? Tentu bisa teman. Bitcoin bisa dijadikan uang ataupun dirupiahkan. Bitcoin juga bukan penipuan. Selain itu, pemerintah telah menetapkan bahwa bitcoin merupakan komoditas yang bisa diperdagangkan dalam Permendag No 99 Tahun 2018. Begitu juga di beberapa negara telah melegalkan bitcoin sebagai alat pertukaran dengan kurs yang berlaku di negara setempat.

Beberapa merchant mulai membuka kesempatan kepada konsumen bahwa toko-nya menerima pembayaran dengan bitcoin. Teknologi pembayaran cukup dengan menggunakan smartphone atau dengan scanning barcode.

Bagi kamu yang ingin mencoba berinvestasi di cryptocurrency, yuk daftar kan sekarang karena kamu bisa mendapatkan free 35 XLM Stellar Lumens yang merupakan salah satu jenis cryptocurrency. GOPAX Indonesia juga tidak mengenakan biaya atas trading loh. Yuk daftar sekarang!

Daftar Sekarang!


Related Posts:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *