CryptoKitties, Peliharaan Zaman Now

Apakah Anda pernah membayangkan mempunyai peliharaan kucing bertotol biru atau garis-garis pink? Nah, sekarang Anda bisa, secara digital setidaknya. Masuklah CryptoKitties, sebuah game berbasis blockchain pertama di dunia yang memungkinkan Anda untuk mengembang biakkan kucing-kucing yang sangat menggemaskan.

Bila dunia mobile mempunyai Angry Birds dan jaringan sosial dimulai dengan Farmville, sekarang ranah blockchain mempunyai Cryptokitties. Walaupun dirancang di atas jaringan Ethereum, kucing-kucing tersebut bukanlah sebuah bentuk mata uang. Namun tetap memiliki karakter keamanan yang sama seperti, mereka tidak bisa ditiru, dirampas ataupun dihancurkan.

Setiap kucing adalah unik, berbeda antara satu dengan yang lainnya dan 100 persen dimiliki oleh si empunya. Dalam permainan ini, para pemain dapat membeli ataupun menukar CryptoKitty seperti layaknya barang koleksi.

Seperti dikatakan di atas, setiap kucing memiliki DNA blockchain yang unik. Inilah yang akan membedakan mereka dari sisi penampilan dan tentu saja nilai dari seekor kucing. Perbedaan krakteristik inilah yang disebut dengan cattributes.

Tidak seperti barang koleksi lainnya, CryptoKitties memang dirancang untuk dikembangbiakkan layaknya kucing asli. Pemain dapat mengawinkan kucingnya dengan yang lain, masing-masing dengan cattributes yang berbeda dan menghasilkan keturunan baru yang unik.
Hasil dari perkawinan tersebut biasanya memiliki gabungan dari beberapa cattributes orang tuanya. Bahkan pada keturunan ini pun bisa menghasilkan karakteristik baru yang sangat diidamkan ataupun yang kurang diinginkan dari kedua orang tuanya.Dimulai dari beberapa kucing generasi pertama dengan cattributes yang paling diinginkan dari seekor CryptoKitty, sekarang, kombinasi yang dihasilkan sudah mencapai 4 milliar jenis, masing-masing berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Perbedaan dimulai dari panjang kumis, warna latar belakang sampai ke tipe bulu. Developer permainan ini mengambil bagian hanya sebesar 3.75 persen dari biaya yang dikenakan pada saat proses perkawinan dan lelang tiap kucing.

“Satu lagi yang kami tawarkan adalah kucing fancy, mereka sangat langka dan susah untuk didapatkan. Jadi apabila kamu mendapatkan satu, percayalah dia sangat fancy”, ujar Mack Flavelle, salah satu pendiri CryptoKitties.

Seseorang mungkin bertanya, “Apa yang membuat seekor kucing tergolong “fancy”?” Jawaban dari Mack untuk pertanyaan itu adalah, “Kucing fancy adalah resep special dari kami.”

Baiklah Mack. Lalu mengapa permainan ini? Kita mundur sedikit ke belakang. Ingat tahun 2014? Pada masa itu, semua hal tentang cryptocurrency sangat bersifat korporat dan tujuan utamanya adalah untuk media pembayaran. Tidak seperti itu lagi sekarang. Sekarang, hampir semua orang yang berkecimpung di dunia blockchain sudah mulai membicarakan tentang CryptoKitties.

“Permainan ini hadir untuk membawa sedikit pengertian tentang dunia Ethereum yang kompleks”, Flavelle berkata. “Di dalam otak kita yang mirip seperti kadal, kekacauan adalah suatu hal yang sangat menakutkan”, lalu dia melanjutkan, “mengkoleksi memungkinkan Anda untuk mempunyai sebuah keteraturan.”

Dirilis pada awal tahun 2018, CryptoKitties mendapatkan respon yang sangat baik, 180.000 orang telah mendaftar untuk menjadi pemilik pertama dari CryptoKitties.

Perusahaan yang berasal dari Vancouver, British Columbia ini sudah memulai proses pembuatan permainan dengan mengadopsi konsep jaringan sosial seperti Kitty Beauty Contest dan melebarkan sayapnya ke barang koleksi blockchain yang lain. Dengan lebih dari 20 juta dollar terkumpul (pada saat tanggal rilis), kucing-kucing digital ini sedang menatap masa depan yang cerah.


Related Posts:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *