Rentan Keamanan, Jadwal Rilis Hard Fork Constatinople Kembali Ditunda! Apa Artinya?

Para pelaku bisnis kripto, termasuk investor, tentu sudah sangat antusias menunggu peluncuran Hard Fork Constatinople. Kamu juga sudah tidak sabar, bukan? Ethereum melalui situs resminya, blog.ethereum.org, mengumumkan bahwa Constatinople akan rilis pada hari Rabu, 16 Januari 2019 di blok nomor 7.080.000. Namun, disebabkan oleh beberapa hal, jadwal peluncuran Constatinople harus ditunda. Sepertinya, kamu perlu sedikit bersabar lagi ya. Kabar akan dirilisnya Constatinople ini sudah terdengar sejak akhir tahun 2018 lalu. Hal tersebut ternyata berpengaruh pada harga dan posisi koin Ethereum di awal tahun 2019 yang kian pesat. Yakni naik sebesar 28 persen selama satu minggu. Berdasarkan kapitalisasi pasar, posisi koin ETH pun turut naik dan mengambil alih posisi XRP, sebagai koin terbesar kedua dari daftar sepuluh mata uang kripto teratas. Tidak hanya itu, kabar peluncuran Constatinople juga disambut dan didukung oleh perusahaan-perusahaan penyedia layanan exchange, salah satunya yakni GOPAX Indonesia. Hal ini cukup membuktikan bahwa constatinople sangat dinanti-nantikan para penggemarnya, ya?

Apa Itu Constatinople?

Untuk kamu yang masih bingung, sebenarnya, apa sih yang dimaksud Constatinople? Constatinople adalah nama yang diberikan untuk peningkatan jaringan Ethereum, seperti halnya Spurious Dragon dan Byzantium di upgrade jaringan sebelumnya. Sederhananya, constatinople adalah jenis peningkatan jaringan Ethereum dalam bentuk Hard Fork (garpu keras), yang umumnya, jenis ini tidak kompatibel dengan versi sebelumnya. Dan biasanya pada jenis Hard Fork ini, terjadi divergensi permanen dalam rantai blok, yakni ketika node yang belum di-upgrade tidak bisa memvalidasi blok yang dibuat oleh node yang sudah di-upgrade dan sudah mengikuti aturan konsensus yang lebih baru.

Proposal Peningkatan Ethereum (EIP)

Situs resmi Ethereum menuliskan bahwa perubahan yang akan diterapkan pada Hard Fork Constatinople yakni berbasis Proposal Peningkatan Ethereum atau EIP (Ethereum Improvement Proposals). EIP ini berisikan standard paltform Ethereum, termasuk protokol inti, API klien, hingga standard kontrak. Hard Fork Constatinople ini pun sudah ditingkatkan ke jaringan Ethereum yang mencakup lima Proposal Peningkatan Ethereum (EIP). Kelima EIP ini menargetkan kecepatan, efisiensi dan faktor biaya sambil melakukan transisi dari proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS). Adapun penjabaran lebih detail mengenai kelima EIP tersebut antara lain sebagai berikut.
  • EIP 145 : Instruksi pemindahan bitwise ke Ethereum Virtual Machine (EVM). Instruksi ini memungkinkan bit informasi biner untuk bergerak ke kiri dan ke kanan. Dengan begitu, maka pelaksanaan pergeseran dalam smart contract (kontrak pintar) akan 10 kali lebih murah.
  • EIP 1014 : Dikenal dengan CREATE2, proposal pembaruan ini dikembangkan oleh pendiri Ethereum sendiri, Vitalik Buterin, untuk meningkatkan pemberdayaan saluran dan solusi penskalaan Ethereum berdasarkan transaksi off-chain.
  • EIP 1052 : Verifikasi kontrak cerdas, yang memungkinkan smart contract untuk memverifikasi satu sama lain dengan cara menarik hash dari smart contract lainnya. Hal ini ini lebih memudahkan jika dibandingkan sebelum constatinople yang harus menarik seluruh kode lain untuk verifikasi.
  • EIP 1283 : SSTORE. Proposal pembaruan ini akan mengurangi biaya gas untuk operasi SSTORE. Proposal ini terbilang menguntungkan pengembang smart contract dengan metode penetapan biaya/harga yang lebih adil untuk perubahan yang dilakukan pada penyimpanan data.
  • EIP 1234 : Pembaruan ini terdiri dari dua komponen, yakni Block Reward Reduction dan Difficulty Bomb Delay. Block reward reduction ini akan mengurangi blok penerbitan reward penambangan dari 3 ETH ke 2 ETH. Sedangkan, Difficulty Bomb Delay adalah mekanisme yang apabila diaktifkan akan meningkatkan kesulitan menambang blok baru. EIP ini akan menunda selama jangka waktu dua belas bulan.

Constatinople Harus Ditunda Lagi?

Seperti yang sudah dipaparkan di awal, waktu rilis Constatinople harus tertunda lagi. Ada apa, ya? Penundaan peluncuran Constatinople ini ditentukan setelah firma audit smart contract, ChainSecurity, menandai adanya kerentanan keamanan pada salah satu dari lima Proposal Peningkatan Ethereum (EIP), yakni EIP 1283. Seperti yang sudah dijabarkan di atas, EIP 1283 bertujuan memperkenalkan biaya gas yang lebih rendah untuk beberapa operasi di jaringan. Namun, ChainSecurity mengungkapkan bahwa peningkatan tersebut bisa menjadi celah bagi pelaku kejahatan yang berniat mencuri dana tanpa sepengetahuan korban. Meskipun saat ini rasanya tidak memungkinkan untuk mengeksploitasi smart contract, akan tetapi salah satu proposal peningkatan jaringan yang diusulkan tersebut memungkinkan menjadi celah para oknum tertentu untuk mengeksploitasi smart contract. Selain adanya kerentanan keamanan pada EIP, Vitalik Buterin mengatakan bahwa timnya juga mengalami masalah keamanan serius seperti serangan DoS. Oleh karena itu, Vitalik Buterin beserta pengembang utama Ethereum (ETH) lain telah sepakat untuk menunda peluncuran constatinople. Dan diperkirakan Hard Fork Constatinople ini akan segera rilis pada akhir bulan Februari dengan nomor blok yang akan ditentukan dalam beberapa waktu mendatang.

Related Posts:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *