34 Istilah Cryptocurrency yang Perlu Diketahui

Saat membuka situs market cryptocurrency atau membaca artikel seputar kripto, seringkali kita menemukan istilah-istilah teknis dalam dunia kripto yang terdengar asing dan sulit dipahami. Bagi para pemula, sangat penting untuk memahami istilah-istilah tersebut sebelum benar-benar terjun ke dunia kripto. Mulai dari istilah 51% Attack, Block, Bullish, FUD, Bearish, Arbitrase, Fiat, Order Book dan istilah lainnya. Oleh karena itu, GOPAX Indonesia akan memberikan pengetahuan tambahan untuk kamu, mengenai istilah-istilah yang sering ditemui dalam dunia cryptocurrency. Simak penjelasannya di bawah ini ya!
  1. Address Address crypto difungsikan untuk mengirim dan menerima transaksi uang kripto. Address ini berupa deretan karakter alfanumerik.
  2. Altcoin Istilah altcoin ini diperuntukkan untuk tiap koin uang kripto selain Bitcoin dan Ethereum, meskipun beberapa orang Bitcoin masih menganggap Ethereum adalah Altcoin. Saat ini sudah tercatat ribuan Altcoin yang tersebar dan diperjualbelikan di bursa kripto.
  3. Arbitrase Arbitrasi adalah trik yang digunakan untuk mengambil keuntungan dengan memanfaatkan perbedaan harga komoditas yang sama pada dua bursa yang berbeda. Misalnya, harga bitcoin di bursa A adalah 233 dollar dan harga bitcoin di bursa B mencapai 237 dollar. Untuk mendapatkan profit dari selisih harga tersebut, kamu bisa membeli bitcoin di bursa A dan menjualnya di bursa B.
  4. (51%) Attack Istilah ini disebutkan ketika individu atau kelompok mengontrol lebih dari setengah kekuatan komputasi dari jaringan cryptocurrency. Jika individu atau kelompok tersebut berniat jahat, maka mereka bisa mengeluarkan transaksi yang dapat menyebabkan konflik untuk merusak jaringan.
  5. ASIC ASIC atau Application Specific Integrated Circuit adalah sebuah micro chip yang secara khusus didesain untuk aplikasi spesifik tertentu. Di dalam dunia blockchain, ASIC ini dibuat khusus untuk aktivitas menambang (mining) cryptocurrency. Sering dibandingkan dengan GPU, ASIC justru menawarkan penghematan biaya listrik yang signifikan.
  6. Ashdraked Istilah ini menggambarkan situasi di saat kamu atau para penggiat kripto kehilangan semua uang. Jika diartikan, ashdrake seperti “hancur lebur menjadi abu”.
  7. Bitcoin Bictoin ialah mata uang kripto pertama yang bersifat terdesentralisasi, open source, dan merupakan jaringan peer to peer tanpa melalui perantara atau penerbit pusat.
  8. Block Block merupakan paket data yang membawa data yang sudah terekam permanen di dalam jaringan blockchain.
  9. Blockchain Blockchain adalah sebuah rantai blok atau buku besar bersama, di mana semua transaksi yang pernah terjadi dicatat secara permanen dengan cara menambahkan block.
  10. Block Explorer Block Explorer ialah sebutan untuk sebuah tool online pada blockchain yang berfungsi melihat semua transaksi terdahulu dan transaksi saat ini. Tool ini juga menyediakan informasi penting, seperti hash rate jaringan dan pertumbuhan transaksi.
  11. Block Height Block height adalah jumlah blok yang terhubung pada blockchain.
  12. Block Reward Istilah ini digunakan sebagai sebuah bentuk insentif atau penghargaan untuk para penambang (miner) yang berhasil mengkalkulasi hash pada suatu blok selama proses penambangan (mining).
  13. Bullish dan Bearish Bullish adalah istilah yang digunakan dengan harapan harga akan meningkat. Sedangkan Bearish yakni Istilah yang digunakan dengan harapan harga akan menurun.
  14. Central Ledger Central ledger adalah buku besar yang dikelola oleh agensi pusat.
  15. Consensus Consensus adalah kesepakatan yang dicapai ketika semua partisipasi dari jaringan blockchain setuju pada validasi transaksi, dan menjamin semua buku besar memiliki data yang sama.
  16. Cryptocurrency Cryptocurrency merupakan representasi dari aset digital.
  17. Circulating Supply Circulating supply adalah suplai koin kripto yang tersedia dan beredar di pasaran.
  18. Distributed Ledger Distributed ledger ialah sebutan lain dari Blockchain, yakni buku besar yang menyimpan semua data di jaringan node yang terdesentralisasi. Distributed ledger ini bersifat pribadi dan tidak harus memiliki cryptocurrency sendiri.
  19. DDos DDos adalah singkatan dari “Distributed Denial of Service” yang berarti penolakan distribusi layanan. Biasanya, serangan DDos ini terjadi dikarenakan gejala peretasan atau disebabkan oleh server yang terlalu sibuk. Serangan ini bisa sangat merusak karena para trader tidak akan bisa mengeksekusi transaksi secara manual.
  20. Exchange Exchange adalah situs web sebagai tempat menjual dan membeli mata uang kripto, contohnya adalah GOPAX Indonesia.
  21. Fiat Fiat adalah mata uang yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah, seperti Rupiah, Dollar, Euro, Yen, dan lain sebagainya.
  22. FUD FUD adalah singkatan dari “Fear, Uncertainty, and Doubt”, alias “Ketakutan, Ketidakpastian, dan Keraguan”. Jadi, FUD ialah berita – berita negatif tidak berdasar yang disebarkan secara sengaja oleh oknum (FUDster) yang menginginkan harga suatu koin kripto jatuh demi tujuan tertentu.
  23. Genesis Blok Beberapa blok awal dari blockchain.
  24. Going Long dan Going Short Going long ialah istilah yang digunakan untuk perdagangan marjin yang menguntungkan jika harga naik. Dan going short untuk perdagangan marjin yang menguntungkan jika harga menurun.
  25. ICO ICO atau Initial Coin Offering adalah penawaran koin kripto terawal sebelum dipasarkan secara bebas. Dengan kata lain, ICO ialah konsep populer yang diterapkan para developer atau perusahaan start up untuk mendanai proyek-proyek coin crypto berbasis blockchain.
  26. Market Cap Istilah market cap atau kapitalisasi pasar ini digunakan untuk menggambarkan nilai total atau dominasi koin di seluruh pasar uang kripto.
  27. Market Maker Market maker ialah transaksi jual – beli bitcoin dengan menggunakan teknik order book atau pending order. Adapun ketentuan menjadi market maker yakni sebagai berikut.Beli Bitcoin: pasang harga di bawah harga jual terendah. Jual Bitcoin: pasang harga di atas harga beli tertinggi.Jadi, jika kamu menjadi seorang market maker, maka transaksi yang dilakukan akan masuk ke dalam order book dan menunggu pasar menyentuh harga yang sudah kamu tentukan.
  28. Market Taker Kebalikan dari market maker, market taker ialah transaksi jual – beli bitcoin dengan cara instan atau langsung. Adapun ketentuan menjadi market maker yakni sebagai berikut.Beli Bitcoin: pasang harga sama dengan harga jual terendah. Jual Bitcoin: pasang harga sama dengan harga beli tertinggi.
  29. Mining (Penambangan) Mining atau menambang adalah proses menyelesaikan perhitungan matematika (algoritma) tertentu, bertujuan untuk memverifikasi transaksi pada blockchain. Jika berhasil, penambang akan mendapatkan imbalan berupa koin kripto.
  30. Node Node adalah istilah untuk salinan dari buku besar yang dioperasikan oleh partisipan dari jaringan blockchain.
  31. Order Book Order book merupakan daftar harga jual dan harga beli yang tersedia di market kripto saat ini. Kamu bisa menjual dan membeli Bitcoin dengan menggunakan harga yang tertera di dalam order book.
  32. Peer to peer Peer to peer adalah interaksi antara dua pihak atau lebih yang terdesentralisasi. Sederhananya, peserta jaringan peer-to-peer ini berurusan langsung satu sama lain melalui titik mediasi, tanpa perantara.
  33. Private Key Kunci pribadi adalah kode PIN dan tanda tangan digital yang digunakan untuk membuka dan mengakses dompet, serta mengelola dana yang tersimpan. Kunci pribadi ini terdiri dari rangkaian angka dan huruf yang dihasilkan secara acak dan dienkripsi dalam format yang didukung oleh dompet kripto.
  34. Smart Contract Smart contract adalah sebuah aturan bisnis yang sudah diprogramkan dalam jaringan blockchain. Smart contract ini berlaku untuk semua pengguna jaringan blockchain.

Related Posts:

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *